Wisata Edukasi Kebun Teh


JALAN-jalan ke Puncak, Bogor mungkin sudah bosan. Makan dan menikmati alam di Puncak juga mungkin sudah terlalu sering. Tapi, melihat isi pabrik teh, pasti ada yang belum pernah.

Mengajak keluarga berakhir pekan ke Puncak barangkali sudah menjadi menu setiap akhir pekan. Tetapi, tidak banyak yang tertarik mengajak keluarga, terutama anak-anak melihat isi pabrik teh, mengenali bagaimana daun teh dipetik dan dibuat menjadi minuman.  

Di puncak hal seperti itu bisa kita lakukan. Antara lain di perkebunan teh PTP Nusantara VIII, Gunung Mas, Bogor. Letaknya mudah dijangkau karena berada di kawasan Puncak dari Jakarta mengarah ke Cianjur. 
Berkunjung ke Gunung Mas akan membawa kita ke alam yang sejuk penuh dengan udara sehat. Karenanya, membawa keluarga ke sana merupakan alasan yang tepat. Perkebunan teh Gunung Mas Puncak terletak di daerah yang sejuk di ketinggian 800–1.200 meter dari Atas Permukaan laut dengan suhu rata–rata 18–22 °C.

Salah satu atraksi wisata yang menarik untuk keluarga di kawasan ini adalah melihat pabrik teh. Ini cocok untuk memperkenalkan kepada anak-anak, bagaimana teh dibuat hingga bisa dinikmati sebagai minuman. Di sini kita bisa menyaksikan para pekerja dan mesin-mesih pembuat teh bekerja. Anak-anak pun bisa mengetahui bagaimana daun teh yang ada di perkebunan berubah menjadi minuman yang menyegarkan.
Pengunjung juga bebas untuk memasuki kawasan pabrik. Pengunjung akan diberikan sebuah pakaian yang khusus dikenakan di lokasi pabrik, yakni pakaian berjubah panjang berwarna putih dengan penutup kepala. Baju dan penutup kepala inilah yang akan melindungi badan kita dari debu teh yang banyak terdapat di dalam lokasi pabrik. 

Di dalamnya terdapat aneka mesin yang mengolah daun teh. Mulai dari ban berjalan yang mengangkut daun dari kebun hingga mesin-mesin untuk mengubah daun itu menjadi semacam serbuk. Uniknya kita bisa menyaksikannya dari lantai atas.

Aneka Kegiatan
Tidak hanya melihat pabrik teh, di perkebunan ini kita juga bisa menikmati atraksi wisata lainnya. Antara lain wahana permainan anak-anak, berkuda, berbelanja buah-buahan, hingga berolah raga. Pengunjung juga disediakan villa yang bisa kita sewa.

Pengalaman yang paling unik untuk keluarga adalah melihat para pemetik teh bekerja. Kalu kita beruntung dan tapat waktu, kita bisa melihat bagaimana perempuan-perempuan bekerja memetik teh dengan cekatan. Mereka mengenakan pakaian yang benar-benar menutupi badannya dan hanya menyisakan wajah.
Ini tentu menarik untuk pengetahuan anak-anak. Mereka bisa tahu daun seperti apa yang layak dipetik. Selain tentunya, menyaksikan tangan-tangan cekatan memilah-milah daun yang bagus untuk dipetik. **


Beberapa Kegiatan Wisata
1.       Tea Walk. Yakni rekreasi jalan santai mengelilingi area perkebunan teh sekaligus menikmati hamparan hijau perkebunan sambil menghirup udara segar.
2.       Berkudamengelilingi perkebunan. Sambil menikmati keindahan alam, kita juga bisa merasakan pengalaman berkuda.
3.       Terbang Layang. Ini cocok untuk mereka yang menyukai tantangan. Menikmati keindahan perkebunan dan pegunungan dari atas menimbulkan sensasi yang luar biasa berkesan.