Sudah Imunisasi Kok Tetap Kena Campak ?

Pertanyaan
Dokter, belakangan ini banyak tetangga kami yang terkena campak dan cacar air. Bukan hanya anak-anank tapi juga orang dewasa. Anak saya Kiki (14 tahun), belum pernah kena campak, tetapi ketika kecil sudah mendapat imunisasi. Apakah sekarang perlu dilakukan imunisasi ulang?

Sebernarya berapa lama imunisasi tu efektif melindungi? Apakah setelah remaja dan dewasa perlui melakukan imunisasi lagi? Mohon juga dijelaskan apa saja gejala campak dan cacar air, dan apa yang perlu kami orang tua waspadai. Saya khawatir, Kiki bisa tertular, juga adiknya Cicilia, (10 tahun). Terimakasih Dokter

Jawaban
Dear Bu Titi, campak adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala awal campak berupa demam, batuk, pilek dan meta merah. Beberapa hari kemudian muncul kemerahan di kulit (ruam), mula-mula di wajah kemudian menyebar ke badan, lengan dan kaki.
     Vaksin campak pertama diberikan pada saat bayi berusia 9 bulan dan perlu diberikan ulang vaksin penguat pada usia 5-7 tahun. Vaksin campak yang diberikan lengkap akan memunculkan antibodi yang dapat bertahan seumur hidup
     Adapun gejala awal cacar air yaitu demam dan timbul kemerahan pada kulit
terutama di dada, perut dan pinggang, kemudian menyebar ke wajah, lengan dan kaki. kemerahan pada kulit itu berubah menjadi lentinf berisi cairan. Lenting ini akan pecah dan mengering sehingga membentuk keropeng.
     Vaksin cacar air cukup diberikan satu kali, setelah anak berusia satu tahun. Bila baru diberikan diatas usia 12 tahun, maka vaksin cacar air harus diberikan dua kali dengan interval sebulan.
     Sebagian besar vaksin yang diberikan sesuai dengan jadwal, dapat memberikan perlindungan sampai seumur hidup. Bila tertular pun, gejalanya akan sangat ringan dan tidak akan mengakibatkan komplikasi. Ada beberapa vaksin yang hanya sementara, sehingga harus diulang secara berkala agar kekebalan tetap bertahan. Misalnya baksin flu diberikan ulang setiap tahun, vaksin tifus diberikan ulang setiap 3 tahun.

     Remaja bahkan dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi dasar dan ulangan, sebaiknya diberikan agar terlindungi dari penyakit infeksi


Foto : resourceso.news.com.au