Bugar dengan Serbuk Gergaji




Perempuan memang punya seribu satu cara untuk merawat tubuh agar tetap cantik dan menawan. Bubuk gergaji pun bisa dimanfaatkan.


AGAKNYA terdengar janggal ketika seorang perempuan membenamkan dirinya dalam serbuk bekas gergajian. Bubuk-bubuk kayu yang menyerupai pasir itu ditimbunkan ke seluruh tumbuh hanya menyisakan wajah semata.

Aneh memang, namun itulah salah satu metode untuk merawat kecantikan dan kebugaran tubuh yang muncul di Jepang. Serbuk gergaji itu digunakan sebagai pengganti lotion yang kadang membuat tak nyaman karena lengket. 

Di Jepang, cara ini tengah menjadi tren yang digemari banyak perempuan. Cara ini dipercaya bisa membuat tubuh lebih segar dan kulit tampak lebih muda. Bukan hanya itu, perawatan semacam spa ini juga bisa menghilangkan sakit-sakit pada otot dan merangsang sirkulasi darah.

Namun demikian, tidak semua serbuk gergaji bisa dipakai. Di Jepang, mereka menggunakan serbuk kayu sejenis cemara, namanya Yoshino Cypress yang tumbuh di Prefektur Nara. Serbuk itu kemudian ditumbuk secara halus dan  difermentasi lalu dicampur dengan dedak padi alami yang juga berfermentasi.

Hasil fermentasi itulah yang dipercaya sangat mujarab untuk membuat tubuh lebih bugar karena mampu mengaktifkan kinerja organ dalam, mengoptimalkan metabolisme, meningkatkan imunitas dan sirkulasi darah. Juga merangsang keringat tanpa membuat pori membesar dan menghilangkan sebum secara alami dari kulit.
Caranya gampang saja. Serbuk seperti pasir itu dihamparkan di sebuah boks seperti tempat tidur.

Kemudian, kita berbaring dan serbuk tersebut ditumpahkan ke tubuh kita sampai membenamkan tubuh, hanya menyisakan muka. Mirip seperti orang yang bermain pasir di pantai.

Enzim yang terkandung dalam serbuk gergaji tersebut membuat tubuh terasa hangat hingga 40 derajat celcius. Tubuh kemudian akan mengeluarkan keringat seperti sedang berolah raga. Tanpa terasa, keringat akan mengucur deras.

Metode spa dengan serbuk gergaji ini ternyata bukan merupakan tren baru. Di Jepang, cara ini sudah dilakukan sejak lama, sekitar 70 tahun lalu.

Di Jepang, salah satu salon yang menyediakan perawatan ini adalah salon Kousoyokuen Leaf di Shinjuku, Tokyo. **