Manfaat Minyak Telon & Kayu Putih




 MINYAK telon merupakan ramuan tradisional yang tetap menjadi andalan para bunda untuk menjaga kesehatan buah hati.


Di Indonesia minyak telon merupakan salah satu ramuan tradisinal yang digunakan untuk merawat bayi. Ramuan tradisional itu sudah digunakan sejak zaman dulu dan terus diwariskan secara turun-temurun.
Seiring kemajuan teknologi, kini minyak telon telah diproduksi secara missal dan mudah ditemui di berbagai toko, apotek, mini market, supermarket, bahkan kios-kios kecil. Kemajuan teknologi juga memunculkan inovasi baru. Kini pilihan bunda bukan hanya dalam bentuk minyak, tetapi juga krim praktis.

Minyak Telon


Nama telon berasal dari Bahasa Jawa telu yang berarti tiga. Karena bentuknya cair menyerupai minyak, maka disebutlah minyak telon. Penggunaan kata telu bukanlah tanpa alasan. Minyak telon dibuat dari campuran tiga bahan dasar, yaitu minyak adas, kayu putih, dan kelapa. Ketiga campuran bahan yang sering dijadikan obat tradisional ini memberikan banyak manfaat. Bisa menghangatkan tubuh, menghilangkan rasa pegal, melancarkan peredaran darah, dan aromanya pun mampu memberi efek tenang.

Itulah sebabnya, minyak telon banyak digunakan untuk perawatan sehari-hari buah hati. Kehangatan yang muncul bisa membuat bayi dan anak-anak  merasa nyaman. Efek hangat juga membantu menghilangkan rasa kembung. 


Pada dasarnya, cara kerja minyak telon cenderung menutup kulit (oklusi) dan sulit terserap dalam kulit, sehingga penggunaan minyak telon tradisional bisa memberikan kehangatan yang lebih lama bagi tubuh bayi dan anak. Selain itu, bentuk minyak mencegah penguapan air dengan harapan bisa menjaga kulit bayi dan anak tetap lembab dan kenyal.  
Meski banyak manfaat yang didapat, penggunaan minyak telon tetap harus hati-hati, terutama bagi bayi dan anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Meski minyak telon relatif lebih aman dibandingkan dengan minyak kayu putih, namun terkadang bisa juga memunculkan iritasi atau pun bintik merah pada kulit. Jika itu terjadi, segera hentikan penggunaan, dan bawa buah hati ke dokter, supaya bisa mendapat perawatan sesuai kondisi.

Adas, Kayu Putih, Kelapa
Tiga komponen yang ada di dalam minyak telon, terbukti mempunyai manfaat yang bisa saling menunjang. Di dalam buah adas terdapat kandungan minyak astiri yang memberikan aroma sangat khas. Penelitian menunjukkan, penggunaan minyak adas bisa menghangatkan tubuh, merangsang organ pencernaan, melancarkan buang angin, mengencerkan dahak, dan masih banyak manfaat lainnya.

Minyak kayu putih juga telah terbukti mampu menghangatkan tubuh dan aromanya bersifat menenangkan. Selain itu, minyak kayu putih merupakan analgesik alami, membantu meredakan nyeri, menghilangkan kembung, dan bisa menjadi minyak pijat yang menghantarkan banyak manfaat.

Bagaimana dengan minyak kelapa? Kandungan dalam minyak telon memberi  manfaat melembabkan kulit dan mengurangi kemungkinan iritasi. Minyak kelapa juga bisa membantu mempercepat metabolism tubuh dan memiliki sifat antibakteri.
Perpaduan tiga bahan utama dalam minyak telon tentu bisa menguntungkan. Jika tidak ada masalah terkait kulit sensitif, umumnya dokter tidak melarang penggunaan minyak telon karena terbuat dari bahan-bahan alami. Meski demikian, penggunaan berlebih jelas tidak dianjurkan. Gunakan secukupnya di perut, dada, dan punggung saja.

Foto Ilustrasi1:  babysleepsite.com 
Foto Illustrasi2:  technologyka.com
Fotoilustrasi3:  herbalsuplemenkesehatan.com


Minyak Telon Krim
KEMAJUAN teknologi menawarkan banyak kemudahan dan pilihan pada manusia. Para bunda pun kini punya pilihan bentuk telon, apakah minyak atau krim. Minyak telon dalam bentuk krim memadukan kandungan minyak atau lemak dan air dalam campurannya.

Dermatologist Ismiralda Oke Putranti dr SpKK yang berpraktek di RS Ananda Purwokerto, Jawa Tengah, memaparkan beberapa keunggulan minyak telon dalam bentuk krim.
1.       Zat aktif (minyak telon) yang terkandung dalam campuran krim akan lebih mudah terserap kedalam kulit, tidak lengket, tidak meninggalkan noda pada pakaian serta tidak mudah tumpah.
2.       Karena mudah terserap dan tidak menutup kulit, krim minyak telon relatif aman bisa digunakan pada bayi atau anak dengan kulit sensitif.

3.       Bentuk krim juga bisa berfungsi sebagai moisturizer atau pelembab karena campuran minyak dan air akan membantu menjaga kelembaban kulit.
4.       Saat digunakan, krim minyak telon akan memberikan sensasi sejuk di kulit, setelah beberapa saat kandungan minyak telon akan memberikan rasa hangat dan nyaman.